Loading...

Operasi Pecahan Aljabar: Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, Pembagian & Perpangkatan

Advertisement
Bentuk pecahan aljabar adalah bentuk pecahan yang pembilang atau penyebut atau kedua-duanya memuat bentuk aljabar. Misalnya 5x/3x/2yp + 4/2x/ ydan sebagainya. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang operasi hitung aljabar yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan lengkap dengan contoh soal dan pembahasan. Silahkan kalian simak baik-baik.

1. Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Aljabar
Konsep penjumlahan dan pengurangan yang telah kalian pelajari pada bilangan pecahan juga dapat digunakan untuk operasi hitung bentuk pecahan aljabar. Bentuk pecahan aljabar yang akan kalian pelajari hanya bentuk pecahan yang berpenyebut suku tunggal.
Contoh Soal:
contoh soal penjumlahan dan pengurangan pecahan
2. Perkalian Pecahan Bentuk Aljabar
Pada perkalian dua pecahan aljabar dilakukan dengan cara, pembilang dikalikan pembilang dan penyebut dikalikan penyebut.
Contoh Soal:
contoh soal perkalian pecahan aljabar

3. Pembagian Pecahan Bentuk Aljabar

Membagi suatu bilangan atau pecahan dengan suatu pecahan sama dengan mengalikannya dengan kebalikan pecahan tersebut. Misalnya 3/5akebalikannya 5a/3.
Contoh Soal:
contoh soal pembagian pecahan aljabar
4. Perpangkatan Pecahan Bentuk Aljabar
Hasil pangkat dari suatu pecahan diperoleh dengan cara, memangkatkan pembilang dan penyebutnya, atau dapat ditulis sebagai berikut.
(a/b)n = (an/bn) dengan n bilangan bulat dan a, b bilangan real.
Contoh Soal:
Contoh soal Perpangkatan Pecahan Bentuk Aljabar

Post a Comment

Mohon berkomentar secara bijak dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik permasalahan dalam artikel ini. Dan jangan ikut sertakan link promosi dalam bentuk apapun.
Terimakasih.

emo-but-icon

Home item

Materi Terbaru